Periode siklus ternak

Semoga bermanfaat. Tahukah anda bilamana periode siklus birahi hewan ternak domba betina cenderung memiliki frequensi yang berulang? Seperti yang kita ketahui sebelumnya di mana birahi hewan ternak domba adalah menjadi faktor penting keberhasilan perkawinan (Domba yang tidak birahi ketika dikawinkan maka tidak akan mengalami kebuntingan). Terimakasih kepada saudara Alam Yanuardi selaku manajer peternakan Villa Domba yang berkenan membantu pengamatan penulis ini.
Awal kasus adalah ketika seekor domba betina dikawinkan pada tanggal 08 bulan Oktober tahun 2006, dengan lama kehamilan selama 5 bulan maka domba tersebut melahirkan anak pada tanggal 05 bulan Maret tahun 2007. Sebagaimana aturan yang berlaku maka domba betina tersebut kembali akan dikawinkan pada bulan Juni tahun 2007 selepas masa istirahat selama 3 bulan. Namun kondisi lapangan yang terjadi ternyata tidak demikian, karena lemahnya pengamatan birahi yang dilakukan oleh pekerja pada saat itu maka sampai dengan akhir bulan Juni tahun 2007 status domba betina dimaksud masih belum dikawinkan kembali. Alasan pekerja adalah domba tidak menampakkan gejala birahi. Belajar dari kasus tersebut maka Saya bersama saudara Alam mencoba menguji apakah siklus birahi domba betina akan kembali muncul dengan frequensi yang berulang.Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menambahkan periode deret sebanyak 15 hari dari tanggal kawin pertama (Tgl. 08 bulan Oktober tahun 2006 + 15 hari…….dst). Dari penambahan tersebut maka akan didapat tanggal 20 bulan Juli tahun 2007. Hasil pengamatan dan pengujian adalah domba tepat mengalami birahi sempurna pada tanggal 20 bulan Juli tahun 2007. Kondisi yang serupa terjadi pada domba betina lainnya dengan selisih hari 2 s.d 3 hari. Manfaat apa yang semoga dapat diperoleh dari pengamatan ini? Tentunya ini menjadikan bila proyeksi pertumbuhan populasi domba sebenarnya dapat diprediksi dengan pengontrolan dan pencatatan yang baik. Mengandalkan pengamatan dan pengalaman visual manusia saja belumlah cukup tanpa didukung pengontrolan pencatatan yang baik sebagaimana pengalaman yang Kami alami. Pencatatan tentunya haruslah dibuat sederhana untuk mempermudah pelaksanaan lapangan. Mohon bantuan peneliti yang lebih ahli atas pengalaman yang Kami alami ini.

Tabel di atas adalah yang biasa Kami buat untuk memprediksi tanggal perkawinan domba betina selanjutnya agar dalam kondisi birahi. Siklus Birahi Domba adalah 15 – 17 hari pada umumnya. Tanggal Pengamatan Pertama adalah A + 210 hari. Tanggal Pengamatan Kedua adalah A + 211 hari dan Tanggal Pengamatan Ketiga adalah A + 212 hari. Masukkan domba betina dalam kandang koloni pada periode tanggal dimaksud atau coba dikawinkan dengan domba jantan. Semoga bermanfaat.
 

0 Responses to “Periode siklus ternak”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Juni 2009
S S R K J S M
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip Dombamania

Kategori Tulisan

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: