Ternak Domba Hidupkan Perekonomian

domba3BANDUNG, (PRLM).- Kepala Dinas Peternakan Jabar, Kusmayadi Tatang Padmadinata  mengakui, usaha agribisnis peternakan domba dan kambing masih menghadapi sejumlah kendala. Di antaranya  ketidaktersediaan industri perbibitan domba dan kambing yang dapat diandalkan.

“Padahal, upaya pembibitan sangat penting untuk menghasilkan ternak yang berkualitas. Selama ini, upaya pembibitan yang tidak kredibel telah menyebabkan kualitas genetik domba dan kambing semakin menurun.  Perilaku peternak yang cenderung menjual domba dan kambing jantan berkualitas karena harganya relatif mahal, juga menjadi faktor penyebab kualitas domba dan kambing yang berada di kalangan peternak rendah,” ujar Kusmayadi, Jumat (22/5).

Jika hal ini dibiarkan, maka dalam jangka panjang, lanjut Kusmayadi, akan menyebabkan keturunan domba dan kambing generasi selanjutnya menjadi kurang baik, yang akhirnya menghilangkan kesempatan para peternak di Jabar untuk memperoleh manfaat ekonomi yang lebih baik
dari kegiatan usaha peternakannya.

Kusmayadi menambahkan, secara umum peternakan domba dan kambing ditinjau dari sudut ekonomi relatif telah menghidupkan perekonomian pedesaan, perluasan lapangan kerja dan usaha terutama di daerah-daerah basis populasi domba dan kambing. Peternakan domba/kambing di wilayah-wilayah yang masih memiliki lahan penggembalaan dapat dijadikan komoditas alternatif pengentasan kemiskinan, sehubungan dengan kemampuan reproduksi domba/kambing yang relatif cepat.

Sebagai contoh, berdasarkan data yang diperopleh “PRLM ” dari situs Pemkab Garut, sektor industri pakaian jadi dari kulit domba dan kambing telah menyerap sekitar 2.132 tenaga kerja. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Garut mencatat jumlah produksi per tahun jaket kulit Mulus sekitar 38.700 potong dan jaket kulit sambung sebanyak 193.500 potong. Permintaan jaket kulit ini berasal dari daerah di luar Kabupaten Garut, seperti dari Bandung, Jakarta atau beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sumatera. (A-133/A-147)***

sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=76570

0 Responses to “Ternak Domba Hidupkan Perekonomian”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Juni 2009
S S R K J S M
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip Dombamania

Kategori Tulisan

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: